PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal

“menuju generasi aktif, kreatif dan produktif”

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar putri Nahdlatul Ulama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal yang selanjutnya disebut dengan PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL lahir pada tahun 2017 di Kabupaten Tegal. PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL merupakan sebuah organisasi dibawah naungan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama. Organisasi ini mengemban amanah dalam menjaga marwah faham ahlus sunnah wal jamaah an-nahdliyyah di Perguruan Tinggi. PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL merupakan Organisasi pertama IPNU IPPNU yang menaungi warga nahdliyyin di kalangan kampus di Kabupaten Tegal.

Berdirinya PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL tidak lepas dari dukungan berbagai pihak khususnya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal yang menginginkan sebuah organisasi NU yang berdiri di kampus STKIP NU yang juga berada dibawah naungan PCNU Kabupaten Tegal. Dengan dorongan yang begitu kuat, maka pada ahir tahun 2017 tepatnya tanggal 9 Desember terbentuk PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL yang difasilitasi Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal bekerjasama dengan Badan Eksekutif (BEM) STKIP NU Tegal.

Pada bulan maret tanggal 20 tahun 2018 dilantiknya pengurus awal PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL menandai berdirinya organisasi ini yang dinahkodai rekan Soleh marzuki dan rekanita Alica Nurseha yang kemudian berahir pada pada tahun 2019. Kemudia pada tanggal 31 Mei 2019 terpilih ketua baru, Muhammad Solekhudin dan Milkhatin Nisa terpilih secara aklamasi.

Awal berdirinya PKPT IPNU IPPNU TEGAL

PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL dibentuk oleh Badan Eksekutif Mahasiswa yang saat itu dipimpin Bagus Fatkhuroji sebagai program kerja yang berlandaskan atas keinginan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal untuk mewadahi mahasiswa pada sebuah organisasi keagamaan yang berafiliasi pada ajaran Aswaja An-Nahdliyah. Bukan tanpa kendala, pendirian PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL juga mendapat kritikan dari beberapa pihak yang menginginkan terbentuknya organisasi lain. Tetapi dengan penuh keyakinan, PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL ahirnya dapat berdiri tegak sampai sekarang.

Masa Perkembangan 

Perkembangan Legalitas Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama resmi disahkan pada kongres PP IPPNU yang ke XVI di Palembang Sumatera Selatan 2012. Kongres tersebut melahirkan sebuah keputusan bahwasannya PKPT IPPNU telah menjadi banom resmi Nahdlatul Ulama. Posisi PKPT IPPNU dalam peraturan organisasi IPPNU setara dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Selanjutnya, legalitas Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama resmi disahkan pada kongres PP IPNU yang ke XVIII di Asrama Haji Donohudan Boyolali Jawa Tengah 2015.

Atas dasar perkembangan legalitas tersebut, PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL yakin bisa menciptakan kader yang loyal, penuh dengan keyakinan. Sama halnya dengan moto yang dibawa pada kepengurusan sekarang yaitu Menuju Generasi Aktif, Kreatif serta Produktif.

Daftar Ketua PKPT IPNU IPPNU STKIP NU TEGAL (2001-2018)

  • 2018-2019 Sholeh Marzuki & Alica Nurseha
  • 2019-2020 Muhamad Solekhudin & Milkhatin Nisa

Visi Misi

Sebagai sebuah organisasi, IPNU IPPNU memiliki visi, yakni gambaran terhadap apa yang ingin dicapai. Visi IPNU adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggungjawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Visi PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal :

Menciptakan kader PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal yang aktif, kreatif serta produktif dalam lingkungan akademisi yang berlandaskan nilai religius dan mempunyai watak berbangsa yang kuat.


adapun misi yang akan dicapai yaitu; (1) Menghimpun dan membina pelajar Nahdlatul Ulama dalam satu wadah organisasi. (2) Mempersiapkan kader-kader intelektual sebagai penerus perjuangan bangsa. (3)Mengusahakan tercapainya tujuan organisasi dengan menyusun landasan program perjuangan sesuai dengan perkembangan masyarakat (maslahah al-ammah), guna terwujudnya khaira ummah. (4)Mengusahakan jalinan komunikasi dan kerjasama program dengan pihak lain selama tidak merugikan organisasi.

Misi PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal :

  1. Meningkatkan pengkaderan mahasiswa guna tercapai kader yang aspiratif, representatif, integratif dan solutif untuk mendorong peningkatan kreatifitas dan prestasi.
  2. Melibatkan peran aktif mahasiswa dalam mengawal dan menyikapi bebagai isu keagamaan dan kebangsaan didalam kampus.
  3. Menjaga dan meningkatkan sinergisitas dalam rangka menjadikan organisasi sebagai tangan dari kampus.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal mempunyai misi melakukan pembinaan dan pemberdayaan mahasiswa (pelajar, siswa dan santri), serta mempengaruhi kebijakan-kebijakan pihak-pihak yang terkait dengan pembinaan dan pemberdayaan pada mahasiswa tersebut dengan merumuskannya melalui program-program kerja.

Program kerja PKPT STKIP NU Tegal

Program tersebut dibentuk dari pengerus harian PKPT IPNU IPPNU STKIP NU Tegal, berikut susunan kepengurusannya.

Struktur IPNU